Detail Cantuman Kembali

XML

Hubungan Obesitas dengan Kejadian Diabetes Melitus Tipe 2 Di Poli Klinik Penyakit Dalam RSUD Kabupaten Indramayu


Penyakit diabetes melitus merupakan salah satu penyakit degeratif yang meningkat dari tahun ke tahun. Dampak dapat menyebabkan komplikasi bahkan sampai dengan kematian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan obesitas dengan kejadian diabetes melitus tipe 2.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif yang menggunakan metode deskriptif korelatif pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah 84 responden di seluruh pasien rawat jalan Poli Klinik Penyakit Dalam RSUD Kabupaten Indramayu. Pengambilan sampel ditentukan dengan teknik accidental sampling. Analisa data menggunakan uji Chi-Square.
Hasil penelitian didapatkan bahwa sebagian responden 14 (73,7%) obesitas dan 44 (67,7%) responden menderita diabetes melitus tipe 2. Hasil pembahasan didapatkan nilai P-value 0,830 > (a = 0,01). Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat tidak ada hubungan bermakna antara obesitas dengan kejadian diabetes melitus tipe 2 di Poli Klinik Penyakit Dalam RSUD Kabupaten Indramayu. Diharapkan penelitian sebagai informasi, dan menjadikan referensi, untuk peneliti selanjutnya agar meneliti faktor-faktor atau pengaruh obesitas dengan kejadian diabetes melitus tipe 2.

Wiwin Nur Aeni - Personal Name
Eka Juwita Handayani - Personal Name
Nurul’aini Prilia - Personal Name
610.5 PRI h
610.5
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2022
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...