Detail Cantuman Kembali

XML

Hubungan Antara Dialyzer Reuse Dengan Adekuasi Hemodialisis Pada Penderita Gagal Ginjal Kronik Di Ruang Hemodialisa RSUD Kabupaten Indramayu


Pemberian dosis hemodialisis yang sesuai dengan kebutuhan pasien dapat dinilai dari adekuasi atau kecukupan adekuasi hemodialisis yang dicapai pasien hemodialisa, Adapun salah satu yang mempengaruhi ketercapaian adekuasi adalah dialyzer yang dapat memengaruhi hemodinamika pasien yang dapat mengakibatkan peningkatan mortalitas yang harus dihindari. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara Dialyzer reusedengan adekuasi hemodialisis pada penderita gagal ginjal kronik di ruang hemodialisa RSUD Kabupaten Indramayu.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dari penelitian ini sebanyak 133 pasien yang menjalani hemodialisa di RSUD Kabupaten Indramayu. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus slovin sebanyak 44 responden yang diambil,dengan menggunakan teknik purposive sampling.Instrument penelitian menggunakan lembar observasi. Data dianalis menggunakanChi Square.
Hasil penelitian menunjukan pemakaiandialyzer reuse ≥ 4 sebanyak 24 (54,5 %) responden, dan tingkat ketercapaian adekuasi Kt/V ≥ 1,80 sebanyak 23 (52,3 %) responden. Hasil analisis lanjut di dapatkan nilai p-value 0,002 < α 0,05(OR = 9,714).
Kesimpulam penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang bermakna antara dialyzer reuse dengan adekuasi hemodialisis pada penderita gagal ginjal kronik di ruang hemodialisa RSUD Kabupaten Indramayu.Saran peneliti untuk perawat hemodialisis dapat melakukan evaluasi setiap hasil dari nilai adekuasi hemodialisis dan melakukan monitoring terhadap penggunaan dializer reuse< 4 dikarenakan banyak yang tidak tercapai.


Wayunah - Personal Name
Ridho Kunto Prabowo - Personal Name
Rindiani - Personal Name
610.5 RIN h
610.5
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2022
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...