Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran Kejadian Depresi Pada Lansia Di Wilayah Kerja Puskesmas Kedokan Bunder Kabupaten Indramayu Tahun 2022


Depresi ialah gangguan mental yang menunjukan gejala:mood tertekan,kehilangan kesenangan atau minat, perasaan bersalah atau harga diri rendah dan kepercayaan diri berkurang, gangguan makan atau tidur, kurang energi dan konsentrasi menurun.. Perubahan peran dan perubahan interaksi sosial serta kehilangan pekerjaan dapat menyebabkan lansia rentan terhadap masalah– masalah mental termasuk depresi. Lansia memiliki peluang yang besar untuk mengalami depresi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengidentifikas gambaran tingkat depresi pada lansia diwilayah kerja Puskesmas Kedokan Bunder Kabupaten Indramayu Tahun 2022.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif.Populasi pada penelitian ini adalah seluruh lansia di wilayah kerja puskesmas Kedokan Bunder.Teknik pengambilan sampel menggunakan consecutive sampling.sebanyak91responden. Instrumen penelitian ini menggunakan kuisioner.Analisa data yang digunakan adalah univariat.Hasil penelitian, diketahui yang mengalami depresi ringan berjumlah 44(48 ,4%), Usia lansia Erderly (60-74Tahun ) berjumlah 72 (79,1%), Jenis kelamin yaitu perempuan berjumlah 60 (65,9%), pendidikan terakhir yaitu SD berjumlah 41 (45,1%), Status perknikahan menikah berjumlah (79,1%), Pekerjaan petani berjumlah 40 (44,0%).
Simpulan penelitian ini adalah gambaran kejadian depresi pada lansia diwilayah kerja Puskesmas Kedokan Bunder Kabupaten Indramayuterbanyak mengalami depresi ringan. Saran bagi peneliti selanjutnya diharapkan hendaknya hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk mengadakan penelitian selanjutnya mengenai faktor yang berhubungan dengan kejadian depresi pada lansia.

Kamsari - Personal Name
Dedeh Husnaniyah - Personal Name
Shafira Rahmi - Personal Name
610.5 RAH g
610.5
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2022
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...