Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran Tingkat Pengetahuan Dan Kepatuhan Minum Obat Pada Pasien Diabetes melitus Di RSUD Kabupaten Indramayu


Diabetes mellitus merupakan sekumpulan gangguan metabolik yang ditandai dengan peningkatan kadar glukosa dalam darah (hiperglikemia) akibat kerusakan pada sekresi insulin, kerja insulin atau keduanya. Salah satu pilar penatalaksanaan pengobatan diabetes mellitus adalah terapi farmakologi. Terapi farmakologi akan bisa berhasil manakala pasien memilioki pengetahuan yang baik dengan cara patuh minum obat yang telah di resepkan oleh tim kesehatan. Penelitian ini bertujuan mengetahui gambaran tingkat pengetahuan dan kepatuhan minum obat pada pasien diabetes mellitus di RSUD Kabupaten Indramayu.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh pasien diabetes mellitus dirawat di Ruang Cengkir 2 dan Cengkir 3 RSUD Kabupaten Indramayu dengan jumlah 564 pasien di tahun 2021, dengan rata rata 47 pasien per bulan. Tehnik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Z dengan hasil jumlah responden sebanyak 42. Instrumen yang digunakan adalah lembar kuesioner. Analisa data yang digunakan adalah analisis univariat.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pengetahuan pasien tentang diabetes mellitus sebanyak 16,7% termasuk kategori baik, 71,4% termasuk kategori cukup dan 11,9% termasuk kategori kurang. Kepatuhan minum obat pada pasien diabetes mellitus semua responden atau 100% termasuk kategori tidak patuh dalam minum obat diabetes mellitus.
Simpulan dari penelitian ini sebagian besar pasien diabetes mellitus di RSUD Indramayu mempunyai tingkat pengetahuan cukup dan kepatuhan minum obat pasien diabetes mellitus seluruhnya dikategorikan tidak patuh. Saran dari hasil penelitian bahwa diharapkan petugas kesehatan dan institusi pelayanan kesehatan dapat memberikan informasi tentang penyakit dan prosedur pengobatan secara maksimal termasuk penyakit diabetes mellitus, serta harus ada orang sebagai pengawas minum obat.

Dedeh Husnaniyah - Personal Name
Ridho Kunto Prabowo - Personal Name
Fitri Yanuarti - Personal Name
610.5 YAN g
610.5
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2022
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...