Detail Cantuman Kembali

XML

Hubungan Perilaku Hand Hygiene Orang Tua Dengan Kejadian Diare Pada Balita Di Ruang Golek Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Indramayu


Hand hygiene atau kebersihan tangan merupakan salah satu hal penting dalam mencegah dan mengendalikan penyebaran penyakit diare terutama bagi orang tua balita yang bersentuhan langsung dengan balita. Orang tua balita di Ruang Golek RSUD Kabupaten Indramayu, mereka tidak mengetahui cara yang benar untuk melakukan cuci tangan. Sehingga mereka selama ini hanya mencuci tangannya yang penting bersih tidak memikirkan tentang prosedur atau cara yang benar melakukan cuci tangan supaya kuman-kuman yang menempel hilang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan perilaku hand hygiene orang tua dengan kejadian diare pada balita di Ruang Golek RSUD Kabupaten Indramayu.
Penelitian ini menggunakan metode survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 70 responden. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan uji chi-square.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 48 responden berperilaku hand hygiene kategori baik, 89,6% balitanya tidak menderita diare. Sedangkan dari 22 responden berperilaku hand hygiene kategori kurang, sebanyak 95,5% balitanya pernah menderita diare.
Simpulan dari hasil penelitian menunjukkan ada hubungan bermakna antara perilaku hand hygiene orang tua dengan kejadian diare pada balita di Ruang Golek Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Indramayu dengan nilai probabilitas 0,000 (p value
Titin Hidayatin - Personal Name
Dedeh Husnaniyah - Personal Name
Nurlaeli - Personal Name
610.5 NUR h
610.5
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2022
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...