Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran Pengetahuan Ibu yang mempunyai Anak Balita Tentang Status Gizi Di Desa Penganjang Wilayah rnKerja Puskesmas Babadan Kabupaten Indramayu Tahun 2014


Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang peneliti lakukan di desa Penganjang ditemukan adanya masalah yaitu kurangnya pengetahuan ibu yang mempunyai anak balita tentang status gizi di desa Penganjang hal ini dibuktikan dengan adanya kasus gizi kurang dan gizi buruk. Sedangkan pengetahuan ibu yang mempunyai anak balita tentang status gizi sangat penting dalam hal tumbuh kembang balita terutama dalam mencegah terjadinya gizi buruk dan tingkat kecerdasan rendah. Tujuan penelitian untuk mengetahui gambaran pengetahuan ibu yang mempunyai anak balita tentang status gizi di desa Penganjang wilayah kerja puskesmas Babadan kabupaten Indramayu tahun 2014.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi penelitiannya adalah 214 ibu yang mempunyai anak balita di desa Penganjang Wilayah Kerja Puskesmas Babadan Kabupaten Indramayu tahun 2014 dan sampelnya menggunakan random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 68 responden. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner dengan jumlah pernyataan sebanyak 16 butir pernyataan.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pengetahuan ibu yang mempunyai anak balita tentang status gizi yaitu 51 responden (75%) memiliki pengetahuan cukup sedangkan 13 responden (20,6%) memiliki pengetahuan baik dan 3 responden (4,4%) memiliki pengetahuan kurang. Sebanyak 33 responden (48,5%) memiliki pengetahuan cukup tentang gizi baik, sebanyak 31 responden (48%) memiliki pengetahuan kurang tentang gizi lebih, sebanyak 38 responden (56%) memiliki pengetahuan cukup tentang gizi kurang dan sebanyak 36 responden (53%) memiliki pengetahuan cukup tentang gizi buruk.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah Pengetahuan ibu yang mempunyai anak balita tentang status gizi memiliki pengetahuan yang termasuk dalam kategori cukup. Diharapkan agar pelayanan kesehatan menambah media informasi dan pendidikan melalui konseling dan penyuluhan status gizi untuk mencegah terjadinya masalah gizi yang dialami oleh anak balita serta meningkatkan pengetahuan ibu yang mempunyai anak balita tentang status gizi.

Evi Meiyani
Evi Meiyani - Personal Name
Bachtiar Efendi - Personal Name
Nanda Yansih Putri - Personal Name
610.5 MEI g
610.5
Tugas Akhir Kebidanan
Indonesia
STIKes Indramayu
2014
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...