Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Kebutuhan Gizi Pada Masa Kehamilan Di Desa Cangko Kecamatan Tukdana Kabupaten Indramayu Tahun 2014


Kebutuhan gizi ibu hamil adalah masa dimana seseorang wanita memerlukan berbagai unsur makanan yang jauh lebih banyak diperlukan dibandingkan dalam keadaan tidak hamil. Berdasarkan studi pendahuluan, pada 5 ibu hamil terdapat 3 orang yang tidak mengetahui tentang kebutuhan gizi pada masa kehamilan dan 2 orang yang mengetahui tentang kebutuhan gizi pada masa kehamilan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pengetahuan ibu hamil tentang Kebutuhan gizi pada masa kehamilan di Desa Cangko kecamatan Tukdana kabupaten Indramayu Tahun 2014.
Metode penelitian menggunakan metode deskriptif dengan populasi dan sampel yang digunakan adalah Total Sampling yaitu sebanyak 40 ibu hamil, instrument yang digunakan adalah kuesioner.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pengetahuan ibu hamil tentang kebutuhan kalori dan karbohidrat (45.5%) termasuk dalam kategori Cukup. Pengetahuan ibu hamil tentang kebutuhan protein dan asam amino (63.6%) termasuk dalam kategori Baik. Pengetahuan ibu hamil tentang kebutuhan zat besi (48.5%) termasuk dalam kategori Cukup. Pengetahuan ibu hamil tentang kebutuhan vitamin (39.4%) termasuk dalam kategori Baik. Pengetahuan ibu hamil tentang kebutuhan kalsium (51.5%) termasuk dalam kategori Cukup.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah (51.5%) pengetahuan ibu hamil tentang kebutuhan gizi pada masa kehamilan mempunyai pengetahuan Baik. Saran yang diberikan kepada ibu hamil sering bertanya tentang kebutuhan selama kehamilan agar dapat memperhatikan asupan nutrisi selama kehamilannya.

Ana Kusumaning Ayu
Ana Kusumaning Ayu - Personal Name
Sutrisno - Personal Name
Hj. Tjartini - Personal Name
610.5 AYU g
610.5
Tugas Akhir Kebidanan
Indonesia
STIKes Indramayu
2014
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...