Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Jaminan Kesehatan Nasional Di Wilayah Kerja Puskesmas rnKedokan Bunder Kabupaten Indramayu rnTahun 2014


Jaminan Kesehatan Nasional merupakan sebuah harapan baru untuk meningkatkan taraf kesehatan, Berdasarkan hasil studi pendahuluan dari Puskesmas Kedokan bunder tercatat ibu hamil pada bulan Januari-Mei tahun 2014 dengan jumlah 311 ibu hamil, sedangkan ibu hamil yang sudah menjadi peserta JKN berjumlah 53 ibu hamil dan ibu hamil yang belum menjadi peserta JKN berjumlah 268 ibu hamil. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pengetahuan ibu hamil tentang Jaminan Kesehatan Nasional di wilayah kerja puskesmas Kedokan bunder Kabupaten Indramayu Tahun 2014.
Metode penelitian menggunakan metode deskriptif dengan populasi dan sampel yang digunakan adalah Random Sampling yaitu sebanyak 72 ibu hamil, instrument yang digunakan adalah kuesioner.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pengetahuan ibu hamil tentang pengertian Jaminan Kesehatan Nasional (37.5%) termasuk dalam kategori baik. Pengetahuan ibu hamil tentang manfaat Jaminan Kesehatan Nasional (41.67%) termasuk dalam kategori kurang. Pengetahuan ibu hamil tentang cara menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (58.33%) termasuk dalam kategori kurang. Pengetahuan ibu hamil tentang cara menggunakan kartu Jaminan Kesehatan Nasional (50%) termasuk dalam kategori kurang. Pengetahuan ibu hamil tentang tempat pelayanan kesehatan yang boleh menggunakan kartu Jaminan Kesehatan Nasional (61,1%) termasuk dalam kategori cukup.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah (54.17%) pengetahuan ibu hamil tentang Jaminan Kesehatan Nasional mempunyai pengetahuan cukup. Saran yang diberikan kepada ibu hamil Diharapkan ibu hamil dapat datang langsung ke tempat pelayanan kesehatan seperti puskesmas dan posyandu untuk diberikan informasi tentang jaminan kesehatan nasional.

Anna Cristiana
Anna Cristiana - Personal Name
H. Turmin - Personal Name
Iflakiyah Ubaedah - Personal Name
610.5 CRI g
610.5
Tugas Akhir Kebidanan
Indonesia
STIKes Indramayu
2014
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...