Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran Pengetahuan Ibu Yang Mempunyai Bayi Tentang Kartu Menuju Sehat (Kms) Di Desa Bulak Wilayah Kerja Puskesmas Jatibarang Kabupaten Indramayu Tahun 2014


Kartu Menuju Sehat (KMS) adalah alat yang sederhana dan murah, yang dapat digunakan untuk memantau kesehatan dan pertumbuhan anak. Kesehatan dan kelangsungan hidup ibu dan bayi sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor pelayanan kebidanan, antara lain asuhan kebidanan yang diberikan oleh tenaga bidan melalui pendekatan manajemen kebidanan. Bedasarkan Studi pendahuluan terhadap ibu yang mempunyai bayi yang ada di Desa Bulak Tahun 2014 bulan januari sampai Agustus terdapat 529 bayi dari 8 desa, sedangkan dari desa bulak sendiri terdapat 92 bayi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Gambaran pengetahuan ibu yang mempunyai bayi tentang Kartu Menuju Sehat (KMS) di Desa Bulak wilayah kerja Puskesmas jatibarang tahun 2014.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh ibu yang mempunyai bayi sebanyak 92 orang dan sampel penelitian ini menggunakan total populasi. Alat pengumpulan data penelitian berupa kuesioner, dengan jenis pernyataan tertutup yang berjumlah 20 pernyataan. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel tunggal yaitu gambaran pengetahuan ibu yang mempunyai bayi tentang Kartu Menuju Sehat dengan sub variabel yaitu pengetahuan ibu yang mempunyai bayi tentang KMS berdasarkan umur, pendidikan, pekerjaan, dan paritas. Tempat penelitian di Desa Bulak Wilayah Kerja Puskesmas Jatibarang pada bulan Juli sampai Agustus 2014.
Berdasakan hasil penelitian diketahui bahwa persentase terbanyak berdasarkan pengetahuan ibu tentang pengertian 44,6% respoden mempunyai pengetahuan kurang. Persentase terbanyak berdasarkan pengetahuan ibu tentang tujuan 50% responden mempunyai pengetahuan kurang, persentase terbanyak berdasarkan pengetahuan ibu tentang manfaat 47,8% responden mempunyai pengetahuan cukup, dan 50% responden mempunyai pengetahuan kurang tentang cara membaca Kartu Menuju Sehat.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, penetahuan ibu yang mempunyai bayi tentang Kartu Menuju Sehat 72,8% responden kurang. Disarankan Ibu yang mempunyai bayi harus mencari informasi tentang Kartu Menuju Sehat, melalui media cetak dan elektronik.

Ayu Oktapiyani
Setyo Dwi Widyastuti - Personal Name
Hj. Tasiroh - Personal Name
Ayu Oktapiyani - Personal Name
011.75 AYU g
11.75
Tugas Akhir Kebidanan
Indonesia
STIKes Indramayu
2014
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...