Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran Pengetahuan Ibu Hamil Beresiko Tinggi Tentang Pre-Eklamsia Di Puskesmas Pondoh Indramayu Tahun 2014


Kesatuan penyakit yang masih menjadi penyebab morbiditas dan mortalitas maternal dan perinatal tinggi adalah Pre-eklamsia. Arulkumaran, A (2005) melaporkan angka kejadian pre-eklamsia di dunia sebesar 0-13%, di Singapura 0,13-6,6% sedangkan di Indonesia yaitu 3,4-8,5%. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui gambaran pengetahuan ibu hamil beresiko tinggi tentang pre-eklamsia di Puskesmas Pondoh Kabupaten Indramayu tahun 2014.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif, Populasi pada penelitian ini adalah Adapun populasi dalam penelitian ini adalah semua ibu hamil beresiko tinggi yang tercatat dalam kohort ibu Puskesmas Pondoh Kabupaten Indramayu pada bulan Januari-Agustus 2014 dengan jumlah 37 orang dan sampel penelitian mengunakan Total populasi. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui rata-rata umur ibu hamil yaitu 26 tahun, sebanyak 40,5% responden berpendidikan SMP, sebanyak 70,3% responden yaitu ibu Rumah tangga serta berdasarkan paritas diketahui 70,3% responden yaitu multigravida dan diketahui Diketahui tingkat pengetahuan Ibu Hamil Beresiko Tinggi sebanyak 59,5% responden memiliki pengetahuan dalam katergori cukup, diketahui tingkat pengetahuan tentang pengertian Pre-eklampsia sebanyak 48.6 % responden memiliki pengetahuan dalam kategori baik, diketahui tingkat pengetahuan tentang Tanda dan Gejala Pre-eklampsia sebanyak 55.9% responden memilki pengetahuan dalam kategori cukup, diketahui tingkat pengetahuan tentang Tanda dan bahaya Pre-eklampsia sebanyak 43.3% responden memilki pengetahuan dalam kategori baik, dan diketahui tingkat pengetahuan tentang Pencegahan Pre-eklampsia 45,9% responden memilki pengetahuan dalam kategori kurang.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengetahuan ibu hamil beresiko tinggi tentang pre-eklamsia di Puskesmas Pondoh dikategorikan cukup, saran penelitian ini ditunjukan untuk instansi kesehatan agar meningkatkan penyuluhan kesehatan tentang Pre-eklampsia pada kehamilan, persalinan maupun nifas agar dapat mengurangi kasus Angka Kematian yang semakin tahun semakin tinggi.

Citra Ayu Lestari
Cucu Nurmala - Personal Name
Citra Ayu Lestari - Personal Name
M. Saefulloh - Personal Name
610.5 LES g
610.5
Tugas Akhir Kebidanan
Indonesia
STIKes Indramayu
2014
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...