Detail Cantuman Kembali

XML

Pengetahuan Ibu hamil Tentang Penyakit Menular Seksual (PMS) Di Puskesmas Anjatanrn Kabupaten Indramayu tahun 2014


Penyakit menular seksual (PMS) merupakan salah satu infeksi saluran reproduksi (ISR) yang ditularkan melalui hubungan kelamin. Infeksi saluran reproduksi merupakan infeksi yang disebabkan oleh masuk dan berkembangbiaknya kuman penyebab infeksi ke dalam saluran reproduksi. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengetahuan ibu hamil tentang penyakit menular seksual di Puskesmas Anjatan Kabupaten Indramayu tahun 2014. Data dari dinas kabupaten indramayu tahun 2013 terdapat 64 ibu hamil yang terkena PMS.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi penelitiannya adalah 58 ibu hamil di Puskesmas Anjatan Kabupaten Indramayu tahun 2014 dan sampelnya menggunakan accidental sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner dengan jumlah pernyataan sebanyak 30 butir pernyataan.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pengetahuan ibu hamil tentang penyakit menular seksual yaitu (37,9%) responden memiliki pengetahuan kurang sedangkan (32,8%) responden memiliki pengetahuan cukup dan (29,3%) responden memiliki pengetahuan baik. Sebanyak(43,1%) responden memiliki pengetahuan kurang tentang pengertian PMS, sebanyak (41,4%) responden memiliki pengetahuan baik tentang jenis-jenis PMS, sebanyak(43,1%) responden memiliki pengetahuan baik tentang tanda gejala PMS, sebanyak (43,1%) responden memiliki pengetahuan kurang tentang komplikasi PMS, sebanyak (43,1%) responden memiliki pengetahuan kurang tentang pengobatan PMS.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah Pengetahuan ibu hamil tentang penyakit menular seksual memiliki pengetahuan yang termasuk dalam kategori kurang. Diharapkan agar pelayanan kesehatan menambah media informasi dan pendidikan melalui konseling dan penyuluhan kesehatan reproduksi untuk mencegah penyakit menular seksual.

Dewi Kumala Sari
Dewi Kumala Sari - Personal Name
Retno Susanto - Personal Name
Dian Fitriyani - Personal Name
011.75 DEW p
11.75
Tugas Akhir Kebidanan
Indonesia
STIKes Indramayu
2014
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...