Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran pengetahuan Ibu yang mempunyai Bayi Usia 6-12 Bulan tentang Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi di desa Sindang di Wilayah Kerja Puskesmas Babadan


Periode penting dalam tumbuh kembang anak adalah masa bayi karena merupakan pertumbuhan dasar yang akan mempengaruhi dan menentukan perkembangan anak selanjutnya. Oleh karena itu masa tahun pertama kehidupan merupakan masa yang sangat peka terhadap lingkungan dan masa ini berlangsung sangat pendek serta tidak dapat diulang lagi. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti pada 10 orang ibu yang memiliki bayi, diketahui bahwa 4 orang ibu bayi mengetahui tentang pertumbuhan dan perkembangan bayi, sedangkan 6 orang ibu bayi tidak mengetahui tentang pertumbuhan dan perkembangan bayi.Pentingnya pengetahuan adalah agar terbentuk perilaku yang baik, karena perilaku merupakan kumpulan berbagai faktor yang saling berinteraksi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran pengetahuan ibu yang mempunyai bayi usia 6-12 bulan tentang pertumbuhan dan perkembangan bayi di Desa Sindang Wilayah Kerja Puskesmas Babadan Tahun 2014 Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Sampel penelitian ini Ibu dari bayi usia 6-12 bulan sebanyak 45 responden. Variabel dalam penelitian ini adalah pengetahuan ibu tentang pengertian, kebutuhan dasar, faktor yang mempengaruhi, ciri-ciri, dan pertumbuhan fisik dan perkembangan. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner, waktu dan tempat penelitian dilakukan pada bulan Agustus 2014 di Desa Sindang.
Hasil penelitian didapat bahwa gambaran pengetahuan ibu tentang pengertian pertumbuhan dan perkembangan tertinggi (66,67%) kategori cukup, tentang kebutuhan dasar pertumbuhan dan perkembangan tertinggi (55,56%) kategori cukup, tentang faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tertinggi (35,56%) kategori kurang, ciri-ciri pertumbuhan dan perkembangan tertinggi (48,89%) kategori cukup, dan tentang pertumbuhan fisik dan perkembangan tertinggi (57,78%) kategori kurang.
Kesimpulan penelitian ini bahwa pengetahuan ibu yang mempunyai bayi usia 6-12 bulan tentang pertumbuhan dan perkembangan di desa Sindang wilayah kerja puskesmas Babadan Tahun 2014 termasuk dalam kategori cukup, dikarenakan kurangnya informasi yang didapatkan oleh ibu. Adapun sarannya bagi ibu untuk meningkatkan pengetahuan dengan cara lebih banyak mencari informasi baik dari media cetak maupun elektronik dan datang ke posyandu untuk memantau pertumbuhan dan pekembangan bayinya setiap bulan.

Alif Murti Anggraeni
Bachtiar Efendi - Personal Name
Nanda Yansih Putri - Personal Name
Alif Murti Anggraeni - Personal Name
011.75 ALI g
11.75
Tugas Akhir Kebidanan
Indonesia
STIKes Indramayu
2014
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...