Detail Cantuman Kembali

XML

Pengetahuan Lansia tentang Hipertensi di Desa Cikedung Lor Kecamatan Cikedung Kabupaten Indramayu Tahun 2015


Pengetahuan adalah hasil dari tahu setelah melakukan penginderaan terhadap suatu objek kemudian melakukan suatu tindakan yang dipelajari serta adanya pemahaman mengenai informasi dan ketrampilan. Lansia atau lanjut usia adalah kelanjutan dari usia dewasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan lansia tentang hipertensi di Desa Cikedung Lor Wilayah Kerja Puskesmas Cikedung Kecamatan Cikedung Kabupaten Indramayu.
Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan sampel 88 menggunakan teknik simple random sampling di Desa Cikedung Lor Wilayah Kerja Puskesmas Cikedung Kecamatan Cikedung Kabupaten Indramayu periode 06 – 30 Maret 2015. Instrumen dalam bentuk kuesioner pilihan atau pertanyaan tertutup dimana jawabannya telah disediakan (closed endeed item atau structured). Analisa data menggunakan univariat. Variabel dalam penelitian ini adalah menggunakan satu variabel, yaitu pengetahuan lansia tentang hipertensi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, sebagian besar responden (73,86%) memiliki pengetahuan dengan kategori kurang dan sebagian kecil responden (5,69 %) memiliki pengetahuan tentang hipertensi dengan kategori baik. Simpulan penelitian ini didapatkan bahwa lebih dari setengahnya kurang pengetahuan tentang Hipertensi, dan saran diharapkan kepada pihak terkait dapat membuat strategi dalam rangka meningkatkan pengetahuan dengan cara pemberian penyuluhan tentang Hipertensi.
Nurhayati
Nurhayati - Personal Name
Riyanto - Personal Name
Kamsari - Personal Name
610.5 NUR p
610.5
Skripsi Keperawatan
Indonesia
STIKes Indramayu
2015
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...