Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran Kualitas Hidup pada Pasien Cidera Kepala di ruang Poli Syaraf Rumah Sakit Umum Daerah Indramayu


Kualitas Hidup adalah tingkatan yang menggambarkan seseorang individu yang dapat dinilai dari kehidupan mereka, kualitas hidup individu tersebut biasanya dapat dinilai dari kondisi fisiknya, psikologis, hubungan sosial dan lingkungannya, pada saat studi pendahuluan didapatkan 30 orang yang menderita cidera kepala pada tanggal 25 Maret 2015. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kualitas hidup pasien cidera kepala di ruang poli syaraf RSUD Indramayu tahun 2015.
Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif pendekatan kuantitatif pada pasien cidera kepala dengan sampel semua pasien, pada penelitian ini adalah semua pasien cidera kepala yang diperiks diruang poli syaraf RSUD Indramayu sebanyak 30 pasien dengan teknik pengambilan total sampling. Analisa data menggunakan prosentase dari hasil kuesioner, instrumen yang digunakan adalah kuesioner kualitas hidup pasien cidera kepala.
Hasil penelitian mendapatkan data pada penanganan pasien cidera kepala sebanyak 56,7% responden dikatagorikan normal dan 43,3% dikatagorikan tidak normal. Kondisi Fisik yang dikatagorikan Normal 56,7% dan yang dikatagorikan tidak normal 43,3%. Psikologis yang dikatagorikan Normal 56,7% dan yang dikatagorikan tidak normal 43,3%. Hubungan Sosial yang dikatagorikan Normal 56,7% dan yang dikatagorikan tidak normal 43,3%. Hubungan dengan lingkungan yang dikatagorikan Normal 56,7% dan yang dikatagorikan tidak normal 43,3%.
Kualitas hidup pasien cidera kepala masih memerlukan dukungan dan bantuan dari keluarga dan lingkungan, baik itu dukungan moril maupun dukungan materil agar kualitas hidup pasien cidera kepala sesuai apa yang diharapkan menuju kategori normal.
Bayu Rizky Eka Juliansyah
Bayu Rizky Eka Juliansyah - Personal Name
Bachtiar Efendi - Personal Name
Muhammad Saefullah - Personal Name
610.5 JUL g
610.5
Skripsi Keperawatan
Indonesia
STIKes Indramayu
2015
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...