Detail Cantuman Kembali

XML

Hubungan pengetahuan dan sikap terhadap pencegahan Osteoporosis pada Pralansia di Wilayah Kerja Puskesmas Pondoh Tahun 2015


Osteoporosis adalah kelainan dimana terjadi penurunan masa tulang total.Osteoporosis di sebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat seperti mengkonsumsi minuman keras, merokok, mengkonsumsi cafein, kurangnya olahraga, dan minum vitamin D. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap terhadap pencegahan osteoporosis pada pralansia.
Metode ini menggunakan deskriptip analitik dengan Sampelnya 81 responden menggunakan teknik random sampling di Desa Pondoh Kabupaten Indramayu instrumen dalam bentuk kuesioner. Dari hasil analisa data menggunakan statistik Chi-Square di dapatkan hubungan pengetahuan pralansia terhadap pencegahan osteoporosis P value = 0,001, sedangkan untuk sikap P value = 0,005. Karena nilai P value < 0,05 maka hipotesis diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa “Terdapat hubungan antara pengetahuan dan sikap pralansia terhadap pencegahan osteoporosis di Wilayah kerja Puskesmas Pondoh Tahun 2015”.
Saran dapat memberikan perhatian dan pendidikan kesehatan pada pralansia agar paralansia dapat mengetahui pencegahan osteoporosis.
Sandi Al Purkon
Sandi Al Purkon - Personal Name
Riyanto - Personal Name
Kamsari - Personal Name
610.5 PUR h
610.5
Skripsi Keperawatan
Indonesia
STIKes Indramayu
2015
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...