Detail Cantuman Kembali

XML

Penerapan Surgery Patient Safety Fase Sign Out pada Pasien Pembedahan Di Instalasi Bedah Sentral RSUD Indramayu Tahun 2017


Patient safety adalah pasien bebas dari cedera yang tidak seharusnya terjadi atau bebas atas cedera potensial yang mungkin terjadi terkait dengan pelayanan kesehatan (KKP-RS, 2008). Menurut catatan Medical Record RSUD Indramayu, periode Januari – Desember 2016 tercatat jumlah operasi 6.014 orang. Rata-rata operasi bedah tiap bulan 500 orang Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran penerapan surgery patient safety fase sign outpada pasien pembedahan di Instalasi Bedah Sentral RSUD Indramayu Tahun 2017.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian non eksperimental dengan menggunakan desain penelitian deskriptif observasional dengan Populasi dari penelitian ini adalah proses sign out pada pembedahan di IBS RSUD Indramayu tahun 2017. Jumlah populasi yang ada dari study pendahuluan adalah 500 kali tindakan pembedahan setiap bulan dan sampel diambil dengan tehnik aksidental adalah teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel sebanyak 89 kali tindakan. pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan lembar kuesioner.
Hasil penelitian menujukkan bahwa penerapan surgery patient safety fase sign out pada pasien pembedahan berdasarkan hasil observasi dan dokumentasi, 71,9 % termasuk kategori tidak sesuai standar, hasil observasi penerapan surgery patient safety fase sign out pada pasien pembedahan, 57,3 % termasuk kategori tidak sesuai standar dan dokumentasi penerapan surgery patient safety fase sign out pada pasien pembedahan di Instalasi Bedah Sentral RSUD Indramayu Tahun 2017, 64,1 % termasuk kategori tidak sesuai standar.
Kesimpulan penelitian ini, secara umum penerapan Surgery Patient Safety Fase Sign Out pada pasien pembedahan di Instalasi Bedah Sentral RSUD Indramayu Tahun 2017 termasuk kategori tidak sesuai standar. Saran: diharapkan bagi perawat RSUD Indramayu yang sudah sesuai SOP dalam pelaksanaan maupun mendokumentasikan penerapan surgery patient safety fase sign Out pada pasien pembedahan hendaknya bisa mempertahankan kompetensi ini, sedangkan yang masih tidak sesuai SOP dalam mendokumentasikan dan menerapkan surgery patient safety fase sign Out pada pasien pembedahan hendaknya berupaya meningkatkan kompetensi dengan cara rajin mengisi dokumentasi setiap tindakan dan mengikuti pelatihan khususnya mengenai surgery patient safety fase sign Out pada pasien pembedahan.

Agus Setiana
M. Saefulloh - Personal Name
Ridho Kunto Prabowo - Personal Name
Agus Setiana - Personal Name
050 AGU p
050
Skripsi Keperawatan
Indonesia
STIKes Indramayu
2017
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...