Detail Cantuman Kembali

XML

Tingkat Kepatuhan Perawat Dalam Prosedur Timbang Terima Di Instalasi Rawat Inap RSUD Kabupaten Indramayu Tahun 2017


Timbang terima merupakan komunikasi yang terjadi pada saat perawat melakukan pergantian shift yang berisi kegiatan untuk mengkomunikasikan informasi tentang keadaan klien pada asuhan keperawatan. Timbang terima klien harus dilakukan seefektif mungkin dengan menjelaskan secara singkat dan lengkap tentang tindakan mandiri perawat, tindakan kolaboratif, dan timbang terima yang dilakukan antar shift secara tulisan dan lisan. Timbang terima belum menggambarkan bentuk dari asuhan keperawatan klien, baik penyampaian diagnosa keperawatan maupun intervensi keperawatan yang sudah dan belum dilakukan. Keseragaman dari pelaksanaan kegiatan timbang terima diruang perawatan masih berbeda beda dan belum berjalan dengan baik sesuai prosedur atau ketentuan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepatuhan perawat dalam prosedur timbang terima di Instalasi rawat inap RSUD Kabupaten Indramayu tahun 2017.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh tenaga perawat yang bekerja di Instalasi rawat inap RSUD Kabupaten Indramayu dengan jumlah 173 orang perawat. Tehnik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Sloven dengan hasil jumlah responden sebanyak 70. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi. Data dianalisis dengan analisis univariat,sehingga mendapatkan gambaran distribusi frekuensi dan prosentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepatuhan dalam prosedur persiapan timbang terima, sebanyak 64,3 % termasuk kategori patuh dan 35,7 % kategori tidak patuh,kepatuhan dalam prosedur pelaksanaan timbang terima, sebanyak 74,3 % termasuk kategori patuh dan 25,7 % kategori tidak patuh, kepatuhan dalam prosedur dokumentasi timbang terima, sebanyak 64,3 % termasuk kategori patuh dan 35,7 % kategori tidak patuh. Secara keseluruhan sebanyak 54,3% termasuk kategori patuh dan 45,7% kategori tidak patuh
Saran dari hasil penelitian bahwa diharapkan perawat dapat melakukan timbang terima sesuai dengan prosedur serta perlu adanya pelatihan dan penerapan reward dan punishment.
Eli Kurilah
Wiwin Nur Aeni - Personal Name
Hj. Winani - Personal Name
Eli Kurilah - Personal Name
050 ELI t
050
Skripsi Keperawatan
Indonesia
STIKes Indramayu
2017
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...