Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran Pelaksanaan Triage Dalam Penanganan Cidera Kepala Di IGD RS. Bhayangkara Indramayu Tahun 2017


Triage merupakan salah satu penerapan sistem manajemen risiko di unit gawat darurat sehingga pasien yang datang mendapatkan penanganan dengan cepat dan tepat sesuai kebutuhannya dengan menggunakan sumber daya yang memadai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pelaksanaan triage dalam penanganan pasien cidera kepala di IGD Rumah sakit Bhayangkara Indramayu.
Penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien cidera kepala yang datang ke IGD RS.Bhayangkara Indramayu. Jumlah sampel 53 pasien. Variabel penelitian ini adalah pelaksanaan triage, dengan sub variabel adalah penerimaan pasien, anamnesa dan pemeriksaan singkat, pemilahan pasien. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi.
Hasil penelitian diketahui bahwa pelaksanaan triage dalam kategori baik sebanyak 37 (69,8%), Pelaksanaan penerimaan pasien dalam kategori baik sebanyak 39 (73,6%). Pelaksanaan Anamnesa dan penerimaan pasien dalam kategori baik sebanyak 40 (75,5%). Pelaksanaan pemilahan pasien dalam kategori baik sebanyak 37 (69,8%).
Kesimpulan pelaksanaan triage dalam kategori baik. Disarankan perawat dapat lebih meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan perawat dalam pelaksanaan triage, khususnya pada pasien cidera kepala.
Nani Roheni
Wayunah - Personal Name
Ridho Kunto Prabowo - Personal Name
Nani Roheni - Personal Name
050 NAN g
050
Skripsi Keperawatan
Indonesia
STIKes Indramayu
2017
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...