Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran Perawatan Payudara pada Ibu Post Partum Di Wilayah Kerja Puskesmas Margadadi Kabupaten Indramayu Tahun 2017


Ibu post partum memiliki tugas untuk memberikan ASI ekslusif bagi bayinya. Kelancaran pengeluaran ASI salah satunya dipengaruhi oleh perawatan pada payudara ibu. Penting sekali seorang ibu untuk melakukan perawatan payudara ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi Gambaran Perawatan Payudara Pada Ibu Post Partum Di Desa Wilayah Kerja Puskesmas Margadadi Kabupaten Indramayu Tahun 2017.
Rancangan Penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Populasi penelitian adalah seluruh ibu post partum di wilayah kerja Puskesmas Margadadi. Sampel berjumlah 30 responden yang diambil menggunakan tehknik accidental sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner.
Hasil penelitian menunjukan bahwa perawatan payudara pada ibu post partum 56.7% responden kategori tidak sesuai, perawatan payudara tahap persiapan 56.7% responden kategori tidak sesuai, perawatan payudara tahap pelaksanaan 60.0% responden kategori tidak sesuai, dan perawatan payudara tahap evaluasi 56.7% responden kategori tidak sesuai.
Simpulan penelitian ini, diketahui perawatan payudara pada ibu post partum tidak sesuai. Saran dari hasil penelitian diharapkan kepada pelayanan kesehatan untuk memberikan sosialisasi tentang perawatan payudara pada ibu post partum agar meningkatkan perawatan payudara yang lebih optimal.
Aan Anipah
M. Saefulloh - Personal Name
Wiwin Nur Aeni - Personal Name
Aan Anipah - Personal Name
050 AAN g
050
Skripsi Keperawatan
Indonesia
STIKes Indramayu
2017
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...