Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh Massage Kulit dengan Minyak Zaitun terhadap Pencegahan Dekubitus pada Pasien Tirah Baring Di RSUD Kabupaten Indramayu Tahun 2017


Tirah baring adalah suatu keadaan ketika individu mengalami, atau beresiko mengalami keterbatasa gerak fisik yang dapat menimbulkan resiko dekubitus. Tindakan massage kulit merupakan salah satu tindakan pencegahan dekubitus. Tujuan Penelitian ini Untuk mengetahui pengaruh massage kulit dengan minyak zaitun terhadap pencegahan dekubitus pada pasien tirah baring di RSUD Indramayu.
Metode penelitian ini adalah quasi-experimental dengan pendekatan one group pre test and post test design. Populasi dalam penelitian ini seluruh pasien yang mengalami tirah baring yang dirawat di Ruang Penyakit Dalam Cengkir 1 dan Cengkir 2, Ruang ICU 1 dan ICU 2 di RSUD Kabupaten Indramayu, dengan sampel berjumlah 56 responden dengan teknik penganbilan purposive sampling.
Hasil penelitian diperoleh bahwa didapatkan sebanyak 54 (96,4%) responden tidak ada dekubitus, dan sebanyak 2 (3,6%) responden yang mengalami tingkat stadium 1.dengan p value 0.157. Oleh karena p value 0.157 > α = 0.05 artinya tidak ada perbedaan kondisi kulit sebelum dan sesudah dilakukan tindakan massage kulit dengan minyak zaitun efektif untuk terjadinya mencegahan dekubitus.
Simpulan dalam penelitian ini tindakan massage kulit dengan minyak zaitun efektif untuk mencegahan terjadinya dekubitus pada pasien tirah baring. Saran penelitian ini diharapkan pencegahan dekubitus dengan perawatan kulit yang dikombinasikan antara massage kulit dengan minyak zaitun terhadap pencegahan dekubitus agar bisa diterapkan dalam standar operasional prosedur dalam perawatan pasien tirah baring.
Diah Ekawati Utama
Dedeh Husnaniyah - Personal Name
Ridho Kunto Prabowo - Personal Name
Diah Ekawati Utama - Personal Name
050 UTA p
050
Skripsi Keperawatan
Indonesia
STIKes Indramayu
2017
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...