Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran Pengetahuan tentang Vulva Hygiene pada Ibu Post Partum Di Ruang Nifas RSUD Kabupaten Indramayu Tahun 2017


Kejadian infeksi perineum di Jawa Barat pada tahun 2012 sebesar 68%. Persentase tersebut terus meningkat pada tahun 2013 yaitu menjadi 71% dari persalinan spontan. Di Kabupaten Indramayu pada tahun 2012 didapatkan 40% primigravida dan 60% multigravida, dimana 60% mengalami ruptur perineum dan 40% tidak mengalami ruptur perineum. Pada ibu persalinan spontan terdapat 85% yang mengalami luka perineum dimana sebanyak 65% mengalami infeksi perineum. Berdasarkan data di RSUD Kabupaten Indramayu tahun 2016 ibu bersalin. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran pengetahuan tentang vulva hygiene pada ibu post partum.
Jenis penelitian ini deskriptif, dengan ibu nifas dengan persalinan spontan sebagai populasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan Accidental Sampling sebanyak 67 responden. Alat pengambilan data menggunakan kuesioner berisikan 18 pernyataan, dengan analisa data univariat.
Hasil penelitian sebanyak 37,3% responden memiliki pengetahuan cukup. Sebanyak 92,5% memiliki pengetahuan baik mengenai pengertian vulva hygiene, 52,2% responden memiliki pengetahuan baik mengenai tujuan vulva hygiene, 43,3% responden memiliki pengetahuan cukup mengetahui prinsip dasar vulva hygiene, 44,8% responden memiliki pengetahuan cukup mengenai alasan vulva hygiene, 55,2% responden memiliki pengetahuan cukup tentang cara melakukan vulva hygiene.
Simpulan dalam penelitian ini adalah sebanyak 25 responden memiliki pengetahuan dalam kategori cukup. Sehingga disarankan bagi pelayanan kesehatan dapat memberikan informasi maupun pendidikan kesehatan pada ibu nifas mengenai perawatan vulva hygiene.
Gutrinawati
H. Bachtiar Efendi - Personal Name
Hj. Winani - Personal Name
Gutrinawati - Personal Name
050 GUT g
050
Skripsi Keperawatan
Indonesia
STIKes Indramayu
2017
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...