Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran Tingkat Kecemasan Pasien Di Ruang IGD RSUD Kabupaten Indramayu Tahun 2017


Cemas merupakan perasaan seseorang atau keadaan diamana seseorang memeiliki perasaan khawatir, gelisah, dan takut. Beberapa faktor yang mempengaruhi kecemasan adalah umur, jenis kelamin, dan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat kecemasan pasien di Ruang IGD RSUD Kabupaten Indramayu 2017.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Populasi penelitian ini adalah pasien IGD dengan triase hijau di RSUD Kabupaten Indramayu. Sampel berjumlah 67 responden yang diambil dengan teknik Accidental Sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar kuesioner tentang kecemasan. Penyajian data dalam bentuk distribusi frekuensi. Data dianalisis dengan dengan analisa univariat.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa tingkat kecemasan pasien di IGD sebanyak 44,8% mengalami kecemasan berat. Peneliti menyarankan kepada pelayanan kesehatan untuk memberikan asuhan keperawatan secara maksimal terutama dalam menangani masalah keperawatan ansietas, agar tindkan dalam asuhan keperawatan lainya dapat berjalan secara optimal.
Ridza Asfia
Wiwin Nur Aeni - Personal Name
H. Bachtiar Efendi - Personal Name
Ridza Asfia - Personal Name
050 RID g
050
Skripsi Keperawatan
Indonesia
STIKes Indramayu
2017
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...