Detail Cantuman Kembali

XML

Hubungan pengetahuan tentang tanda bahaya kehamilan dengan perilaku perawatan kehamilan pada ibu hamil di Poli Kandungan di Rumah Sakit di Kabupaten Indramayu


Kematian dan kecacatan ibu hamil dapat dicegah apabila ibu hamil dan keluarga mengetahui tentang tanda bahaya kehamilan, dan berusaha mencari pertolongan kesehatan pada tenaga kesehatan terdekat. Tujuan penelitian adalah mengetahui hubungan pengetahuan ibu hamil tentang tanda bahaya kehamilan dengan perilaku perawatan kehamilan pada ibu hamil di Poli Kandungan di rumah sakit di Kabupaten Indramayu.
Rancangan penelitian ini menggunakan korelasi dengan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 87 responden dan teknik pengambilan sampel incidental sampling. Hasil penelitian menunjukan pengetahuan tanda bahaya kehamilan dengan kategori baik sebanyak 84 responden (96,6%), dan perilaku perawatan kehamilan kategori baik sebanyak 50 responden (57,5%). Tidak ada hubungan antara pengetahuan tanda bahaya kehamilan dengan perilaku perawatan kehamilan pada ibu hamil (p-value= 0,572, α= 0,05).
Saran peneliti bahwa perlu adanya penelitian lain untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi perilaku seperti faktor lingkungan fisik yang berupa dukungan dan motivasi.
Ayunita
Titin Hidayatin - Personal Name
Wiwin Nur Aeni - Personal Name
Ayunita - Personal Name
610.5 AYU h 2018
610.5
Skripsi Keperawatan
Indonesia
STIKes Indramayu
2018
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...