Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran pengetahuan Bounding Attachment pada ibu nifas di Ruang Nifas di rumah Sakit di Kabupaten Indramayu


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pengetahuan ibu nifas tentang bounding attachment. Ibu nifas mengalami perubahan psikologis pasca persalinan, jika ibu nifas mengalami kegagalan dalam masa ini. Ibu akan mengalami kejadian postpartum blues, sehingga akan berdampak pada kondisi kedekatan batin antara ibu dan bayi setelah lahir, dan mengganggu perkembangan emosional anaknya. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui pengetahuan tentang bounding attachment pada ibu nifas di ruang Nifas di Rumah Sakit di Kabupaten Indramayu tahun 2018.
Metode penelitian ini yaitu deskriptif. Sampel penelitian sebanyak 181 ibu nifas. Instrument penelitian ini yaitu kuesioner terdiri dari 21 pernyataan dengan skala guttman dengan teknik pengambilan data menggunakan Incidental Sampling.
Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat pengetahuan mengenai bounding attachment pada ibu nifas sebanyak 87,8% responden memiliki pengetahuan baik. Pengetahuan mengenai pengertian sebanyak 70,2% kategori baik, manfaat sebanyak 80,1% kategori baik, hambatan sebanyak 67,4% kategori kurang, faktor sebanyak 71,3% kategori kurang, dan elemen sebanyak 91,2% kategori baik. Saran penelitian ini yaitu upaya peningkatan pengetahuan melalui pendidikan kesehatan tentang pengetahuan mengenai hambatan dalam bounding attachment dan faktor yang mempengaruhi bounding attachment.
Nurwati
Bachtiar Efendi - Personal Name
Wiwin Nur Aeni - Personal Name
Nurwati - Personal Name
610.5 NUR g
610.5
Skripsi Keperawatan
Indonesia
STIKes Indramayu
2018
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...