Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran perilaku perawat dalam membuang limbah di RSUD Kabupaten Indramayu Tahun 2018


Limbah rumah sakit merupakan sisa dari suatu proses kegiatan di rumah sakit yang dibuang dan dapat berbentuk padat, cair, dan gas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku perawat dalam membuang limbah di RSUD Kabupaten Indramayu Tahun 2018.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif.
Sampel penelitian ini sebanyak 26 perawat di ruang Manalagi RSUD Kabupaten Indramayu yang diambil menggunakan teknik total populasi. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner. Penyajian data dalam bentuk tabel distribusi frekuensi. Adapun waktu penelitian tanggal 22-28 April tahun 2018. Analisis data penelitian menggunakan cut of point.
Hasil penelitian didapatakan perilaku perawat membuang limbah sebanyak 50,0% responden dikategori kurang baik. Perilaku perawat membuang limbah benda tajam sebanyak 57,70% responden dikategori kurang baik. Perilaku perawat membuang limbah infeksius sebanyak 50,0% responden dikategori kurang baik. Perilaku perawat membuang limbah nonmedis sebanyak 57,70% responden dikategori baik.
Saran dari penelitian ini adalah perawat diharapkan meningkatkan perilaku dalam membuang limbah sesuai jenis dan tempatnya demi menunjang kinerja sebagai perawat yang profesional.
Sugi Hartono
Heri Sugiarto - Personal Name
Muhammad Saefulloh - Personal Name
Sugi Hartono - Personal Name
610.5 HAR g
610.5
Skripsi Keperawatan
Indonesia
STIKes Indramayu
2018
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...