Detail Cantuman Kembali

XML

Perilaku etika perawat dalam asuhan keperawat di RSUD Kabupaten Indramayu


Kode etik keperawatan merupakan suatu pedoman dan alat ukur untuk tindakan perawat dalam melaksanakan praktik keperawatannya, mengenai tingkah laku baik dan buruk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran perilaku etik perawat dalam asuhan keperawatan di RSUD Kabupaten Indramayu 2018. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini sebanyak 183 pasien di ruang cengkir 1 dan ruang cengkir 2 RSUD Kabupaten Indramayu. Penelitian ini dilakukan secara Cosecutive Sampling. Pengambilan jumlah sampel pada penelitian ini menggunakan rumus Z berdasarkan proporsi. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner. Penyajian data dalam bentuk tabel distribusi frekuensi.
Adapun waktu penelitian bulan April-Mei tahun 2018. Analisis data penelitian menggunakan cut of point. Hasil penelitian menunjukan bahwa perilaku etik perawat dalam asuhan keperawatan secara umum dengan hasil penelitian (70,5%) menilai perilaku etik perawat dalam asuhan keperawatan sudah baik dan (29,5%) menilai perilaku etik perawat dalam asuhan keperawatan buruk. Secara rinci perilaku etik perawat berdasarkan prinsip etik dikategorikan autonomy (88,5%) baik, (11,5%) buruk, beneficience (100%) baik, justice (95,6%) baik, (4,4%) buruk, non-maleficience (73,8%) baik, (48,2%) buruk, veracity (74,3%) baik, (25,7%) buruk, fidelity
(76,0%) baik, (24,0%) buruk, confidentiality (84,2%) baik, (15,8%) buruk, accountability (95,1%) baik, (4,9%) buruk, standar keputusan menteri kesehatan tentang kepuasan pasien dikatakan baik jika ≥ 90%.
Winoto Hadi Priyanto
Muhammad Saefulloh - Personal Name
Kitri Hikmawati - Personal Name
Winoto Hadi Priyanto - Personal Name
610.5 PRI p
610.5
Skripsi Keperawatan
Indonesia
STIKes Indramayu
2018
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...