Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran perilaku pencegahan penularan penyakit TB Paru di wilayah Kerja Puskesmas Kedokan Bunder Kabupaten indramayu Tahun 2018


Penyakit tuberkulosis paru merupakan suatu penyakit infeksi menular yang disebabkan bakteri Mycobacterium Tuberculosis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran perilaku pencegahan penularan penyakit TB Paru di Wilayah Kerja Puskesmas Kedokan Bunder Kabupaten Indramayu. Rancagan penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian sebanyak 60 responden di Wilayah Kerja Puskesmas Kedokan Bunder Kabupaten Indramayu. Menggunakan teknik total populasi. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Penyajian data dalam bentuk tabel distribusi frekuensi. Waktu penelitian tanggal 07-22 Mei Tahun 2018.
Hasil penelitian perilaku pencegahan penularan penyakit TB Paru 51,7% dikategorikan baik. Perilaku pencegahan TB Paru dari aspek pengetahuan 93,3% dikategorikan baik. Perilaku pencegahan TB Paru dari aspek sikap sebanyak 56,7% dikategorikan mendukung. Perilaku pencegahan TB Paru dari aspek pemungkin 68,3% dikategorikan kurang optimal. Perilaku pencegahan TB Paru dari aspek penguat 58,3% dikategorikan optimal.
Saran penelitian ini petugas kesehatan dapat terjun langsung ke masyarakat terutama kelompok beresiko TB Paru untuk diberikan penyuluhan mengenai pencegahan penularan TB Paru.
Ifan Faisal
Riyanto - Personal Name
Kamsari - Personal Name
Ifan Faisal - Personal Name
610.5 FAI g
610.5
Skripsi Keperawatan
Indonesia
STIKes Indramayu
2018
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...