Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran pengetahuan bantuan hidup dasar (BHD) pada pekerja ojek pangkalandi Desa Karanganyar Kecamatan Kandanghaur Kabupaten Indramayu Tahun 2018


Tingginya angka kecelakaan lalu lintas mengakibatkan tingginya angka kematian. Sebagai gambaran pada tahun 2015 sampai dengan 2017 angka kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Indramayu sebanyak 2.462 kasus dan korban meninggal sebanyak 465 jiwa. Untuk meminimalkan korban kecelakaan lalu lintas diperlukan pengetahuan dan kemampuan yang baik mengenai bantuan hidup dasar pada masyarakat, termasuk pekerja ojek pangkalan.Penelitian ini untuk mengetahui gambaran pengetahuan BHD pada pekerja ojek pangkalan di Desa Karanganyar Kecamatan Kandanghaur Kabupaten Indramayu.
Rancangan penelitian menggunakan kuantitatif dengan pendekatan deskriptif.Populasinya para pekerja ojek pangkalan.Analisa data menggunakan univariat.Populasi sebanyak 48 responden.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 48 responden, sebanyak 37 responden (77,1%) mempunyai pengetahuan kurang tentang BHD. Adapun hasil penelitian untuk tiap sub variabel diperoleh gambaran sebanyak 35 responden (72,9%) kurang baik pengetahuan mengenai penanganan airway, sebanyak 22 responden (45,8%) kurang baik pengetahuan mengenai breathing dan 26 responden (54,2%) dengan kategori kurang baik pengetahuan mengenai circulation.
Kesimpulan penelitian yang berjudul Gambaran Pengetahuan Bantuan Hidup Dasar (BHD) Pada Pekerja Ojek Pangkalan di Desa Karanganyar Kecamatan Kandanghaur Kabupaten Indramayu adalah kurang. Disarankan perlu adanya upaya peningkatan pengetahuan mengenai BHD kepada para pekerja ojek pangkalan yang dilakukan oleh perawat melalui pendidikan dan pelatihan BHD.

Nandria Maya Shabiroh
Bachtiar Efendi - Personal Name
Asmadi - Personal Name
Nandria maya Shabiroh - Personal Name
610.5 SHA g 2018
610.5
Skripsi Keperawatan
Indonesia
STIKes Indramayu
2018
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...