Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran faktor resiko pada pasien diabetes mellitus tipe 2 Di Poliklinik Penyakit Dalam RSUD Kabupaten Indramayu Tahun 2017


Diabetes Mellitus salah satu penyebab utama kematian didunia. Angka kejadian DM tipe 2 di RSUD Indramayu lebih banyak dari pada DM tipe 1. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran faktor resiko pada pasien diabetes mellitus tipe 2.
Metode penelitian ini menggunakan deskriptif, populasi penelitian ini adalah sebanyak 2.651 orang. Dengan sampel 61 responden yang diambil menggunakan teknik accidental sampling. Penelitian menggunakan analisis data univariat dalam bentuk distribusi frekuensi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa semua responden memiliki faktor resiko (umur, jenis kelamin, riwayat DM, IMT, aktivitas fisik, dan Diet) dengan persentasi jumlah faktor paling banyak rata-rata 24 (39,3%) reponden ada 3 faktor resiko.
Simpulan dari penelitian ini adalah semua responden memiliki faktor resiko diabetes millitus tipe 2 (umur, jenis kelamin, riwayat DM, IMT, aktivitas fisik, dan Diet). Peneliti menyarankan kepada instansi kesehatan untuk melakukan penyuluhan baik yang belum mengalami maupun yang sudah mengalami DM tipe 2, sehingga kesadaran tentang kesehatan akan meningkat dan menurunkan angka kejadian diabetes mellitus tipe 2.

Farie Aief Shofi Binaba
Wayunah - Personal Name
Ridho Kunto Prabowo - Personal Name
Farie Aief Shofi Binaba - Personal Name
610.5 BIN g 2018
610.5
Skripsi Keperawatan
Indonesia
STIKes Indramayu
2018
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...