Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran kecemasan ibu hamil dalam menghadapi persalinan Di Puskesmas Lohbener Tahun 2018


Cemas (anxietas) merupakan sebuah emosi dan pengalaman subjektif dari seseorang.Keadaan cemas merupakan suatu keadaan seseorang yang tidak nyaman dan terbagi dalam beberapa tingkatan.Cemas berkaitan dengan perasaan yang tidak pasti dan tidak berdaya. Kecemasan yang muncul saat menjelang persalinan dapat menyebabkan respon yang tidak baik bagi tubuh karena bisa menyebabkan aliran tubuh terhambat akan berbahaya bagi ibu hamil pada saat membutuhkan tenaga dan dorongan dari tubuh sehingga persalinan terhambat. Berdasarkan hasil studi pendahuluan 10 ibu hamil mengalami kecemasan dan 3 orang tidak mengalami kecemasan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kecemasan ibu hamil dalam menghadapi persalinan di Puskesmas Lohbener.
Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif.Populasi penelitian ini sebanyak 886 ibu hamil trimester III yang datang ke Puskesmas Lohbener. Sampel penelitian ini sebanyak 62 ibu hamil. Instrumen penelitian ini menggunakan Hamilton Reating Scale (HARS). Analisa data yang akan digunakan adalah analisis univariate.
Hasil penelitian diketahui bahwa ibu primigravida sebanyak 46 (74,2%) responden dengan hasil tidak cemas 4 (8,7%), kecemasan ringan 18 (39,1%), kecemasan sedang 23 (50,0%), kecemasan berat 1 (2,2%) dan ibu multigravida sebanyak 16 (25,8%) responden dengan hasil tidak cemas 1 (6,2%), kecemasan ringan 5 (31,2%), kecemasan sedang 9 (56,2%), kecemasan berat 1 (6,2%).
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah kecemasan ibu hamil dalam menghadapi persalinan mengalami kecemasan sedang baik ibu primigravida atau multigravida sebanyak 32 (51,6%) responden. Disarankan dalam penelitian ini adalah mendapatkan pelayanan kesehatan untuk pemeriksaan kehamilan dan mendapatkan pendidikan kesehatan bahwa halnya kecemasan pada ibu hamil tidak baik untuk calon ibu dan bayinya.

Anis Khaerunisa
Bachtiar Efendi - Personal Name
Dedeh Husnaniyah - Personal Name
Anis Khaerunisa - Personal Name
610.5 KHA g 2018
610.5
Skripsi Keperawatan
Indonesia
STIKes Indramayu
2018
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...