Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran perilaku siswa Di SMAN 2 Indramayu Kabupaten Indramayu Tahun 2018


Perilaku merupakan respon atau reaksi seseorang terhadap stimulus (rangsangan dari luar) atau Perilaku dapat menunjukan jati dirinya dalam mencapai kedewasaan. Perilaku siswa pada setiap generasi berbeda berbeda karena pengaruh lingkungan kebudayaan dan sikap mental masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran perilaku remaja pada siswa di SMAN 2 Indramayu Kabupaten Indramayu Tahun 2018.
Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMAN 2 Indramayu kelas XI dan XII. Jumlah sampel 289 siswa. Variabel penelitian ini adalah perilaku siswa dengan sub variabel adalah perilaku siswa yang menimbulkan korban fisik, perilaku siswa yang menimbulkan korban materi, perilaku siswa sosial yang menimbulkan korban di pihak orang lain, dan perilaku siswa yang melawan status. Instrumen penelitian menggunakan lembar kuesioner.
Hasil penelitian diketahui bahwa perilaku siswa dari 289 responden sebanyak 175 (60,6%) responden berperilaku kurang baik. Berdasarkan subvariabel dari perilaku siswa yang menimbulkan korban fisik sebanyak 179 (61,9%) responden berperilaku kurang baik, kenakalan yang menimbulkan korban materi sebanyak 192 (66,4%) responden berperilaku kurang baik, perilaku siswa sosial yang menimbulkan korban di pihak orang lain sebanyak 289 (100,0%) responden berperilaku baik dan perilaku siswa yang melawan status sebanyak 159 (55,0%) responden berperilaku baik.
Bagi pihak sekolah disarankan perlu adanya upaya meningkatkan kegiatan bimbingan konseling dan menyediakan fasilitas untuk para siswa agar aktif dalam kegiatan ektrakulikuler sehingga diharapkan perilaku siswa akan cenderung kearah perilaku yang positif.

Dewi Apriliyani
Kamsari - Personal Name
Dedeh Husnaniyah - Personal Name
Dewi Apriliyani - Personal Name
610.5 APR g 2018
610.5
Skripsi Keperawatan
Indonesia
STIKes Indramayu
2018
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...