Detail Cantuman Kembali

XML

Hubungan pengetahuan dengan perilaku pencegahan diare pada ibu balita Di Kelurahan Paoman


Penyakit diare masih menjadi masalah kesehatan dunia terutama di negara berkembang. Kurangnya pengetahuan dan perilaku ibu tentang pencegahan diare menyebabkan tingginya kejadian diare. Salah satu cara untuk mencegah diare dengan meningkatkan pengetahuan ibu dan perilaku pencegahan diare. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pengetahuan dengan perilaku pencegahan diare pada ibu balita di Kelurahan Paoman Kecamatan Indramayu Kabupaten Indramayu.
Metode penelitian menggunakan deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini sebanyak 417 ibu balita, dengan sampel berjumlah 50 responden diambil dengan tehnik Proportional Sample. Variabel independent adalah pengetahuan dan variabel dependent perilaku pencegahan diare pada ibu balita.
Hasil penelitian menunjukan sebanyak 30 responden (60.0%) memiliki pengetahuan baik tentang diare. Sebanyak 26 responden (52.0%) memiliki perilaku baik dalam pencegahan diare. Uji Chi Square diperoleh nilai p-value 0,641.
Peneliti menyarankan kepada orangtua balita untuk meningkatkan pengetahuan tentang diare dan pencegahan diare agar diare dapat dicegah.
Syifa Nuroniyah
Riyanto - Personal Name
Heri Sugiarto - Personal Name
Syifa Nuroniyah - Personal Name
610.5 NUR h 2018
610.5
Skripsi Keperawatan
Indonesia
STIKes Indramayu
2018
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...