Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran personal hygiene pasien typhoid Di Salah satu Rumah Sakit Di Kabupaten Indramayu


Typhoid merupakan suatu penyakit infeksi usus halus yang disebabkan oleh kuman salmonella typhi dengan gejala demam lebih dari 1 minggu yang ditularkan melalui makanan, mulut atau minuman yang terkontaminasikuman.
Tujuan penelitian ini diketahuinya gambaran personal hygiene pada pasien typhoid di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Indramayu.Rancangan penelitian ini yang digunakan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien yang didiagnosa menderita typhoid yang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Indramayu selama kurun
waktu tertentudan sampel diambil dengan menggunakan teknikaccidental sampling. Instrumen yang digunakan lembar kuesioner tentang kebersihan kulit dan kebersihan kuku. Analisa data yang digunakan berdasarkan analisis univariat.
Hasil dari penelitian ini didapatkan dalam personal hygiene pada pasien typhoid di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Indramayu,personal hygiene baik sebanyak 12 responden (52,2 %), dalam kebersihan kulit mempunyai personal hygiene yang baik 13 responden (56,5%) dan kebersihan kuku mempunyai personal hygiene yang baik 14 responden (60,9%).
Simpulan dalam penelitian ini dapat diketahui bahwa sebanyak (60,9%)personal hygiene pada pasien typhoiddi Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Indramayu mempunyai personal hygiene yang baik. Saran pasien typhoid hendaknya setelah pulang dari perawatan di Rumah Sakit lebih memperhatikan masalah kebersihan diri (kebersihan kuku) karena kuku yang kotor berisiko besar sebagai pintu masuk typhoid di masyarakat.
Rohamah
Wiwin Nur Aeni - Personal Name
Ridho Kunto Prabowo - Personal Name
Rohamah - Personal Name
610.5 ROH g 2018
610.5
Skripsi Keperawatan
Indonesia
STIKes Indramayu
2018
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...