Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran pengetahuan perawat tentang syok hipovolemi Di Ruang IGD dan ICU RSUD Kabupaten Indramayu


Pasien syok hipovolemik sangat memerlukan pemantauan yang intesif terhadap tanda-tanda klinis dan perlu mendapatkan penanganan segera. Tingkat keberhasilan pasien itu sangat dipengaruhi oleh kemampuan perawat dalam menangani pasien syok hipovolemik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran perawat tentang syok hipovolemik di ruangan IGD dan ICU RSUD Kabupaten Indramayu.
Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Instrument yang digunakan adalah kuesioner 20 pernyataan. Analisa data dalam penelitian ini adalah analisa univariat.
Hasil penelitian ini dari 17 responden yang bekerja di ruangan IGD sebanyak 16 (94,1%) memiliki pengetahuan baik dan dari 23 responden yang berkerja di ruangan ICU sebanyak 22 (95,7%) berpengetahuan baik.
Simpulan dari penelitian gambaran pengetahuan perawat tentang syok hipovolemik di ruangan IGD dan ICU RSUD Indramayu berada dalam katagori baik (95%). Saran bagi perawat diharapkan untuk profesi keperawatan agar dapat bekerja secara profesional dalam penanganan pasien syok hipovolemik.

Muhamad Faisal Amin
Bachtiar Efendi - Personal Name
Dedeh Husnaniyah - Personal Name
Muhamad Faisal Amin - Personal Name
610.5 AMI g 2018
610.5
Skripsi Keperawatan
Indonesia
STIKes Indramayu
2018
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...