Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran sikap ibu hamil primipara Di Salah Satu Puskesmas Kabupaten Indramayu


Sikap adalah respon tertutup seseorang terhadap stimulus atau objek tertentu, sikap berkaitan dengan persepsi seseorang tentang senang-tidak senang, setuju-tidak setuju dan baik-tidak baik. Ibu hamil akan mengalami perubahan selama kehamilanya, ibu yang tidak mendukung akan berusaha berfikir untuk merubah peranya dengan tidak menjaga kesehatan ibu dan janin dengan alasan ibu nanti akan gemuk, tidak menarik lagi, sibuk bekerja atau kehamilan yang tidak di inginkan, sehingga timbulah perilaku acuh dan tak peduli sedangkan sikap yang mendukung dapat menghasilkan keberhasilan kehamilan,ibu akan berusaha keras untuk memenuhi kesehatan bayinya, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran sikap ibu hamil primipara di puskesmas margadadi kabupaten indramayu.
Metode penelitian ini yaitu deskriptif, Populasi penelitian ini adalah ibu hamil Primipara sebanyak 117 responden dan sampel sebanyak 90 responden dengan teknik Accedential Sampling. Analisa data menggunakan univariate.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap ibu hamil primipara secara umum sebanyak 46 responden (51,1%) dikategorikan mendukung. Sikap Ibu hamil dalam aspek kognitif sebanyak 47 (52,2%) responden dikategorikan tidak mendukung. Sikap ibu hamil dalam aspek afektif sebanyak 49 (54,4%) dikategorikan mendukung. Sikap Ibu hamil dalam aspek konatif sebanyak 51 (56,7%) dikategorikan mendukung.
Simpulan dalam penelitian ini bahwa sikap ibu hamil primipara adalah mendukung (51,1%).Diharapkan adanya upaya ibu hamil primipara untuk meningkatkan kesehatan ibu dan kehamilannya.

Nida Khaerillah
Bachtiar Efendi - Personal Name
Winani - Personal Name
Nida Khaerillah - Personal Name
610.5 KHA g 2018
610.5
Skripsi Keperawatan
Indonesia
STIKes Indramayu
2018
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...