Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran Perilaku Ibu Rumah Tangga dalam pemanfaatan Mandi Cuci Kakus (MKCK) di Desa Cimara Kecamatan Pasawahan Kabupaten Kuningan


MCK merupakan salah satu sarana fasilitas umum yang digunakan bersama oleh beberapa keluarga untuk keperluan mandi, mencuci, dan buang air, perilaku masyarakat yang masih kurang dalam pemanfaatan MCK masih sering ditemukan terutama masyarakat yang tinggal di sepanjang aliran sungai, hal tersebut dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Gambaran Perilaku Ibu Rumah Tangga Dalam Pemanfaatan MCK di Desa Cimara Kecamatan Pasawahan Kabupaten Kuningan.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu rumah tangga berjumlah 607, sampel penelitian ini berjumlah 86 responden yang diambil dengan menggunakan random sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah perilaku ibu rumah tangga, seperti perilaku mandi, perilaku cuci, perilaku kakus.
Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa perilaku mandi ibu rumah tangga sebanyak 50 (58,1%) responden berperilaku baik, perilaku cuci ibu rumah tangga sebanyak 45 (52,3%) responden berperilaku baik, dan perilaku kakus ibu rumah tangga sebanyak 52 (60,5%) responden berperilaku baik.
Simpulan dari hasil penelitian didapat bahwa perilaku ibu rumah tangga dalam pemanfaatan MCK sebanyak 45 (52,3%) responden mempunyai perilaku baik. Saran yang dapat dikemukakan adalah kepada tenaga kesehatan lebih meningkatkan lagi penyuluhan tentang berbagai macam cara pemanfaatan MCK.
Nining Kurniawati
Titin Hidayatin - Personal Name
Dedeh Husnaniyah - Personal Name
Nining Kurniawati - Personal Name
610.5 KUR g 2018
610.5
Skripsi Keperawatan
Indonesia
STIKes Indramayu
2018
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...